[otw_shortcode_tabslayout tabs=”7″ tab_1_title=”Visi” tab_1_icon_type=”general foundicon-star” tab_1_content=”Pada Tahun 2020 Menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terdepan dalam bidang Usaha Perjalanan Wisata berskala internasional.
” tab_2_title=”Misi” tab_2_icon_type=”general foundicon-globe” tab_2_content=”
1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Usaha Perjalanan Wisata yang berperan aktif dalam pelestarian budaya dan alam Indonesia sebagai aset bangsa, memiliki semangat terus berkembang, bermoral, berjiwa kewirausahaan, dan berwawasan lingkungan.
2. Menyelenggarakan penelitian kepariwisataan terapan dan pelayanan kepada masyarakat guna membantu pengembangan industri, pemerintah dan masyarakat luas.
3. Mengembangkan suasana akademis dikalangan sivitas akademik yang memungkinkan terjadinya produktivitas dan kualitas kerja yang tinggi berwawasan internasional.
” tab_3_title=”Tujuan Pendidikan” tab_3_icon_type=”general foundicon-tools” tab_3_content=”Tujuan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkemampuan dan berketerampilan tinggi di bidang Usaha Perjalanan Wisata yang diterima oleh pasar tenaga kerja. Oleh karena itu, lulusan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata dipersiapkan agar:
1. Menjadi ahli di bidang kepariwisataan yang mempunyai kemampuan dalam kegiatan Usaha Jasa Perjalanan Wisata
2. Menjadi ahli yang mampu menyelenggarakan kegiatan wisata dengan mengkreasi dan mengkomunikasikan paket-paket wisata.
” tab_4_title=”Sasaran Program Studi” tab_4_icon_type=”general foundicon-cloud” tab_4_content=”
1. Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang organisasi perjalanan dalam konteks industri perjalanan wisata.
2. Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan poduk wisata dan pelayanan, pemanfaatan sumberdaya dan pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan pariwisata (tingkat lokal, regional dan nasional) dengan mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan di industri perjalanan.
3. Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi di industri perjalanan.
4. Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementatif.
” tab_5_title=”Strategi untuk Mencapai Sasaran” tab_5_icon_type=”general foundicon-page” tab_5_content=”
1. Menjamin pelaksanaan perkuliahan terealisasi minimal 95%
2. Melaksanakan kuliah praktek di laboratorium dengan peralatan dan bahan praktek yang relevan
3. Melaksanakan kerja praktek di industri Usaha Perjalanan Wisata dan industri pariwisata lain secara terencana
4. Melaksanakan berbagai kerjasama dengan pihak industri di bidang pariwisata untuk pemagangan dan pembelajaran mahasiswa
5. Melaksanakan pembelajaran interaktif yang beorientasi pada mahasiswa dengan berbagai pendekatan keilmuan.
” tab_6_title=”Profil Lulusan” tab_6_icon_type=”general foundicon-checkmark” tab_6_content=”
1. Ticketing and Reservation Manager: mampu menyampaikan semua informasi pelayanan penerbangan dengan membaca sistem availability baik manual atau computerized, Mampu mencatat dan membuat permintaan konsumen dalam Passanger Name Record (PNR), Menghitung harga tiket berikut pajak, asuransi, dan biaya lainnya, dan mampu mengeluarkan tiket sesuai permintaan konsumen, serta mampu membuat pencatatan dan pelaporan untuk setiap tiket yang keluar. Mampu mengawasi kegiatan operasional bidang reservasi dan tiketing;
2. Tour Manager: memahami karakteristik setiap produk paket perjalanan wisata, mengetahui jenis produk paket perjalanan wisata, Memahami teknik perhitungan membuat paket wisata, Mampu membuat paket perjalanan wisata untuk dijual kepada konsumen, dan Mampu membuat paket perjalanan wisata sesuai permintaan konsumen. Mampu mengawasi kegiatan operasional bidang perjalanan wisata;
3. Travel Manager: memahami karakteristik konsumen dari berbagai kelompok yang berbeda, Mampu berkomunikasi dengan konsumen dari berbagai kelompok berbeda, Mampu membuat media promosi produk travel, Mampu menjual produk travel kepada konsumen dari kelompok yang berbeda, dan Mampu mencapai target penjualan produk travel pada setiap periode waktu tertentu;
4. Business Event (MICE) Manager: mengetahui pentingnya penyelenggaraan event bisnis, Mengetahui perbedaan Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition. Mampu membuat perencanaan pengelolaan event, Mampu membuat perencanaan operasional event, Mampu membuat perencanaan SDM untuk event, Mampu membuat perencanaan keuangan event, Mampu membuat perencanaan pemasaran event, Mampu mengelola legalitas penyelenggaraan event, Mampu mengelola resiko event, dan Mampu membuat evaluasi event;
5. Event Manager: mengetahui pentingnya penyelenggaraan event, baik event personal, event sport dan bentuk lainnya. Mampu merencanakan, mengelola dan menyelenggarakan event. Mampu menyusun SDM, menyusun kegiatan pemasaran, mengelola keuangan, mengantisipasi risiko, menyusun legalitas event. Mampu mengevaluasi event;
6. Cargo Manager: memiliki kemampuan menangani pengiriman barang dan dokumen (cargo) domestik dan internasional.
7. Sarjana terapan Usaha Perjalanan Wisata dapat bekerja dan berkarir di berbagai bidang di pemerintah ataupun swasta (nasional maupun multinasional) antara lain :
a. Biro perjalanan wisata (BPW)
b. Perusahaan penerbangan (maskapai penerbangan)
c. Perusahaan kargo
d. Pengelola obyek wisata
e. PCO (professional conference organizer) in house ataupun dependent
f. Tour manager
g. Travel consultant
h. Perusahaan MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition)
i. EO (Event Organizer)
j. Enterpreneur Mandiri
” tab_7_title=”Capaian Pembelajaran” tab_7_icon_type=”general foundicon-mail” tab_7_content=”
1) SIKAP
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap Religius;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
d. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
e. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
f. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
i. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2) PENGUASAAN PENGETAHUAN
a. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang pariwisata yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikan dalam bidang tersebut.
b. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang manajemen keuangan yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
c. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang manajemen pemasaran yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
d. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang manajemen sumber daya manusia yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
e. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang komunikasi yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
f. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang sistem informasi yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
g. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang hukum yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
h. Memahami dan menguasai konsep umum di bidang kepabeanan yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
i. Memahami konsep umum di bidang etika yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
j. Memahami konsep umum di bidang administrasi yang terkait dengan usaha perjalanan wisata sehingga dapat mengaplikasikannya dalam bidang tersebut.
3) KETERAMPILAN UMUM
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur serta bekerjasama dengan pihak lain;
c. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni,
d. Mampu menyusun kertas kerja, rancangan paket wisata, atau karya tulis secara akurat dan sahih serta mengkomunikasinya secara efektif kepada pihak lain;
e. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya;
g. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4) KETERAMPILAN KHUSUS
a. Mampu menyampaikan informasi penerbangan dengan membaca sistem availability, mencatat permintaan konsumen dalam Passenger Name Record (PNR),
b. Mampu menghitung harga tiket berikut pajak, asuransi dan biaya lainnya, mengeluarkan tiket sesuai permintaan konsumen, membuat pencatatan untuk setiap tiket yang keluar;
c. Mampu merancang dan menghitung paket wisata untuk dijual kepada konsumen;
d. Mampu melaksanakan kegiatan perjalanan wisata berdasarkan Standard Prosedure Operasional (SOP) yang ditetapkan sesuai dengan prinsip keamanan dan keselamatan kerja baik secara mandiri maupun kelompok.
e. Mampu mengidentifikasi karakteristik konsumen dari berbagai kelompok yang berbeda;
f. Mampu menangani administrasi event yang meliputi perencanaan dan pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, informasi, procurement, pemangku kepentingan (stakeholders), sistem dan pengaturan waktu, baik secara mandiri maupun kelompok.
g. Mampu melakukan analisis terhadap potensi pelaksanaan kegiatan Meeting Incentive Convention and Exhibition (MICE) dan special events dengan menggunakan berbagai alat analisis yang sesuai, yang dilaksanakan baik secara mandiri maupun kelompok.
h. Mampu menjalin kerjasama yang baik dengan kolega, pihak pelanggan, pemasok, instansi pemerintah dan peserta dalam suatu perjalanan wisata baik secara mandiri maupun kelompok.
i. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah di lingkup pariwisata bidang usaha perjalanan wisata yang terdefinisi dengan jelas (well defined) menggunakan analisis data berdasarkan standar dan metode yang relevan.”][/otw_shortcode_tabslayout]